Sunday, April 21, 2013

Mencegah & Mengatasi Flu Dengan 8 Makanan

Seiring datangnya musim penghujan, serangan beragam penyakit pun mengancam. Penyakit flu adalah salah satunya. Penyakit ini merupakan jenis penyakit yang dapat menular dengan cepat. Flu terjadi karena infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan, termasuk hidung, tenggorokan, cabang tenggorokan dan paru-paru. Daya tahan tubuh seseorang akan melemah jika terserang penyakit ini.

Namun jangan khawatir, Anda bisa memanfaatkan beberapa cara sederhana untuk mengembalikan kebugaran tubuh Anda. Cara paling efektif untuk mengatasi flu adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat.

Berikut 8 makanan sehat yang baik untuk mengatasi penyakit flu

    1.Air Putih
    Minum air putih dengan cukup dapat mengurangi penderitaan Anda dari penyakit ini. Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, minum air yang cukup dapat mengatasi hidung tersumbat saat flu. Air adalah pilihan yang jauh lebih baik daripada minuman berkafein yang memiliki efek diuretik dan dapat menyebabkan tubuh dehidrasi lebih cepat.

   2. Teh Hijau
    Baru-baru ini sebuah penelitian yang dilakukan ilmuwan Jepang menyatakan bahwa minum 2 cangkir teh hijau setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit ini hingga 70%. Dua zat utama katekin dan teanin, merupakan antioksidan yang baik untuk mengatasi flu.

    Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anda Agar Terhindar Dari Serangan Penyakit DI SINI!

   3. Sup Ayam
    Anda dapat mengatasi flu Anda dengan cara yang lebih nikmat. Ya, makan sup ayam! Uap dari sup bisa melegakan hidung yang tersumbat oleh lendir pernapasan saat Anda terserang flu. Selain itu, komposisi air pada sup dapat diserap tubuh untuk membantu mengencerkan lendir sehingga mudah dikeluarkan. Kandungan gizi pada ayam juga memiliki efek anti-inflamasi pada tubuh, membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi pada saluran hidung dan sinus.

  4. Jus Sayur
    Membuat dan menikmati semangkuk salad mungkin baik dilakukan untuk mengatasi flu. Minum jus sayur dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Jus sayur kaya akan antioksidan. Ini adalah bentuk sayuran yang paling mudah Anda konsumsi saat Anda memiliki masalah dengan pencernaan.

   5. Bawang Putih
    Kelebihan bawang putih adalah, ia memiliki sifat antimikroba yang dapat menjaga kekebalan tubuh dan melancarkan saluran pernapasan dengan mencegah hidung tersumbat. Bila Anda tidak dapat mengonsumsinya secara langsung, campurkan bawang putih ke dalam masakan favorit Anda.

   6. Pisang
    Pisang merupakan buah yang mudah dicerna karena teksturnya yang lembut, sehingga baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Selain itu kandungan kalium yang tinggi pada pisang dapat membantu meringankan nyeri otot dan kram, dan mengatasi flu.

   7. Jahe
    Saat Anda demam dan terserang flu, jahe dapat menghangatkan tubuh Anda. Lebih dari itu, jahe juga dipercaya membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Campurlah jahe dengan minuman kesukaan Anda. Untuk hasil terbaik, konsumsilah dalam keadaan hangat.

  8. Jus Jeruk
    Kandungan vitamin C yang tinggi dan karotenoid dalam jus jeruk adalah antioksidan kuat untuk melawan radikal bebas dan efektif untuk mencegah perkembangan virus influenza dalam tubuh Anda. Untuk mengatasi flu, minumlah 100% jus jeruk dan rasakan manfaatnya segera.

Semua jenis makanan di atas merupakan makanan alami yang bisa Anda dapatkan dengan mudah dan efektif untuk mencegah dan mengatasi flu. Jagalah kesehatan dan terapkan pola hidup sehat agar daya tahan tubuh terjaga dari serangan penyakit apapun yang dapat mengganggu aktivitas Anda.

Sumber : Dunia Fitnes

0 comments:

Post a Comment