Tuesday, April 23, 2013

Atasi Masalah Kulit Dengan Kulit Jeruk

Biasanya saat makan buah jeruk, kulitnya akan langsung dibuang. Tetapi, tahukah Anda bahwa kulit jeruk ternyata punya banyak manfaat juga?




Teksturnya mirip dengan pori-pori besar, dan kalau dikupas, seperti ada loncatan air yang dapat membuat mata terasa pedih. Berbeda dengan kulit apel yang bisa dimakan, kulit buah jeruk tak bisa dimakan. Tetapi, jangan remehkan khasiatnya lho, karena ternyata nutrisi kulit jeruk sama seperti kandungan kulit apel.

Menurut Rebecca Wood, penulis The New Whole Foods Encyclopedia, sebuah jeruk mengandung setidaknya 60 jenis flavonoid dan 170 fitonutrisi yang berbeda. Sangat baik untuk kulit dan sistem peredaran darah juga.

Pernyataan tersebut didukung oleh Dr. Jaishree Bhattacharjee, seperti dikutip dari IndiaTimes, di mana kulit jeruk mengandung rasa pahit yang sebenarnya menjadi penyeimbang dari buah yang terbungkus di dalamnya. Secara medis, kulit jeruk justru dapat memperlancar pencernaan, membantu mengeluarkan gas, mencegah rasa mual, serta memperlancar buang air kecil.

Dalam hal kecantikan, kulit jeruk tak kalah manfaatnya. Essential oil yang terkandung di dalamnya secara alami akan membuat syaraf menjadi relaks dan membuat tidur jadi nyenyak. Dalam tidur inilah regenerasi kulit jauh lebih efektif.

Apalagi ya manfaat kulit jeruk di dunia kecantikan?
  •     Kulit jeruk dapat menyeimbangkan kondisi kulit berminyak. Membuat kulit jadi lebih halus dan lembut.
  •     Kulit jeruk dapat mengangkat sel-sel kulit mati serta mengangkat komedo hitam secara natural. Membuat kulit jadi lebih bersinar.
  •     Kulit jeruk dapat membantu mencerahkan kulit dan mengatasi noda hitam di wajah, terutama bekas jerawat.
  •     Kulit jeruk dapat mencegah peradangan dan mencegah jerawat.
  •     Kulit jeruk dapat menjadi antibakteri yang baik.
  •     Kulit jeruk dapat membuat kulit wajah lebih segar dan aromanya wangi.

Ingin memetik dan menikmati manfaat dari kulit jeruk? Tetap hati-hati agar tidak kena mata ya.

Sumber : Vemale

0 comments:

Post a Comment