Thursday, April 18, 2013

Khasiat & Kandungan Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh

Buah naga, buah hasil dari tanaman mirip kaktus ini dikenal dengan nama pitaya atau pitahaya. Di daerah asalnya, China, buah ini disebut dengan huo long guo karena mirip dengan naga.

Kulit buahnya halus, melindungi daging buah yang penuh dengan biji-bijian kecil, dan berisi. Daging buahnya berwarna putih, dan ada yang merah keunguan.

Biasa ditanam di daerah panas, buah naga cocok berada di daerah yang temperatur suhunya berkisar 40 derajat agar dapat berbuah segar dan banyak.

Kandungan nutrisi buah naga

Kandungan kalori buah naga pada setiap 100 gramnya ada 60 kkal, berasal dari karbohidrat buah naga. Yang artinya mudah diurai dan tidak membuat Anda gemuk. Kaya akan serat sehingga memperlancar pencernaan, terutama saat Anda panas dalam atau susah buang air besar.

Soal vitamin, buah naga kaya akan kandungan vitamin C yang cukup untuk kebutuhan tubuh sehari-hari. Selain itu ia juga mengandung vitamin B1, sebagai karbohidrat baik untuk metabolisme tubuh. B2 untuk mempercepat penyembuhan dan mengontrol nafsu makan dan B3 untuk mengurangi kolesterol jahat dan memperbaiki kondisi kulit.

Buah naga juga menyediakan kalsium yang baik untuk tulang serta gigi, fosfor yang baik untuk pembentukan sel-sel, serta zat besi untuk memperlancar kualitas darah yang baik.

Manfaat buah naga
Karena kandungan vitamin dan nutrisi di dalam buah naga, para peneliti menyatakan aneka manfaat dapat dipetik dari buah ini.
  1.     Buah naga dapat memperlancar pencernaan
  2.     Buah naga dapat memberikan nutrisi baik dan melembabkan kulit
  3.     Buah naga menurunkan kolesterol
  4.     Buah naga kaya antioksidan sehingga mencegah kanker
  5.     Buah naga membantu menyediakan zat besi dan kalsium untuk tulang
  6.     Buah naga dapat menyeimbangkan tekanan gula di dalam darah

Kalau sudah tahu banyak manfaat yang bisa dipetik dari buah naga, yuk sajikan buah naga sebagai salah satu buah penutup.

0 comments:

Post a Comment