Saturday, April 27, 2013

Cara Mencegah Hiperemesis (Mual atau Muntah) saat Hamil.

Hiperemesis (mual atau muntah)  pada saat hamil meskipun tidak semua ibu hamil  mengalaminya, namun lebih dari 70% wanita hamil pernah merasakan gejala ini terutama pada trimester pertama kehamilan.

Perubahan hormonal menjadi salah satu penyebab dari mual dan muntah pada ibu hamil. Hal ini sebenarnya bisa dicegah dengan menjaga asupan makanan atau mengkonsumsi suplemen yang direkomendasikan dokter.

Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Dr. Noroyono Wibowo, Sp.OG (K) mengungkapkan, faktor perubahan hormon, buruknya nutrisi dan rendahnya kadar vitamin B-6 dalam tubuh diduga memiliki kontribusi dalam memicu rasa mual atau muntah pada ibu hamil.

Beliau menyampaikan bahwa untuk mengurangi perasaan mual dan muntah pada masa kehamilan, calon ibu dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin B-6 terutama pada 3-4 bulan sebelum kehamilan.

Apa itu vitamin B6?
Vitamin B6 adalah suatu vatamin yang larut air dan temasuk dalam galongan vitamin B kompleks. Vitamin B misalnya beras merah, singkong, kacang hijau, pisang, bekatul, dedak, bayam, kacang mete, jamur, papaya, buncis, alpukat, sereal, cabai, kentang, tomat, biji bunga matahari, dan seluruh biji-bijian. Selain itu juga daging, ikan, telur, susu, udang dan lain-lain.

Penelitian juga mengungkap bahwa sekitar 18-22 persen ibu hamil yang sama sekali tidak mengalami mual atau muntah memiliki kadar vitamin B-6 lebih dari 222 nanogram. Sedangkan calon ibu hamil yang mual atau muntah rata-rata hanya memiliki 77 nanogram.

Beberapa kasus Hiperemesis (muntah) pada ibu hamil biasanya tidak memerlukan pengobatan. Asalkan calon ibu mendapatkan asupan gizi seimbang dan cukup setiap hari, maka gejala mual dan muntah akan hilang dengan sendirinya.

Namun bila Hiperemesis terjadi dalam waktu yang relatif lama, hal ini dapat mengakibatkan defisiensi nutrisi baik pada ibu hamil dan bayi yang dikandungnya. Segera kunjungi dokter jika Anda mengalami hal ini.

Sumber : DuniaFitnes

0 comments:

Post a Comment