Wednesday, January 9, 2013

Manfaat Buah Kiwi Lebih Baik dari Apel Untuk Hipertensi

Hipertensi atau yang lebih dikenal dengan penyakit tekanan darah tinggi bisa dinetralkan dengan Buah Apel. Karena Buah Apel banyak mengandung Vit yang diperlukan oleh tubuh. Minum Jus Buah Segar setiap hari bisa membantu anda tetap sehat. Namun ada yang lebih baik lagi untuk menurunkan Hipertensi ini. Yaitu Mengkonsumsi Buah Kiwi, Buah Kiwi ini dipercaya mampu menurunkan Hipertensi dari pada Apel. 
 
Namun bukan berarti Buah Apel tidak baik untuk dikonsumsi. Buah Apel juga kaya akan Vit yang diperlukan untuk tubuh. Bila anda menderita Hipertensi, cobalah mengkonsumsi buah kiwi setiap hari. dijamin Hipertensi anda akan segera turun. Berikut info selengkapnya tentang Manfaat Buah Kiwi Lebih Baik dari Apel Untuk Hipertensi. 
 
Buah Kiwi merupakan buah khas asal New Zealand. Buah segar ini dipercaya efektif menurunkan tekanan darah dibandingkan apel. Memakan tiga buah kiwi per hari selama delapan minggu lebih banyak menurunkan tekanan darah dibandingkan mengonsumsi apel setiap hari. 
 
"Meskipun kecil, kiwi mengandung banyak gizi dalam dagingnya yang hijau. Kiwi kaya akan lutein, antioksidan kuat yang berperan dalam menurunkan tekanan darah," kata peneliti, Mette Svendsen dari Oslo University Hospital di Norwegia seperti dilansir HealthDay, Kamis (17/11/2011).. 
 
Kesimpulan ini didasarkan dari penelitian pada 50 orang pria dan 68 orang wanita dengan usia rata-rata 55 tahun. Peserta ditugaskan secara acak untuk makan tiga kiwi atau satu apel sehari selama delapan minggu. Semua peserta penelitian memiliki tekanan darah cukup tinggi sebesar 128/85 saat penelitian dimulai. 
 
Tekanan darah di bawah 120/80 sudah dianggap ideal bagi pasien hipertensi. Peserta penelitian tidak mengubah pola dan menu makanannya kecuali hanya menambahkan buah. Para peneliti mengukur tekanan darah tiap 24 jam melalui pemantauan rawat jalan. 
 
Pasien tekanan hipertensi ringan yang makan tiga buah kiwi per hari selama delapan minggu memiliki tingkat tekanan darah sistolik 3,6 milimeter merkuri lebih rendah dibandingkan dengan yang mengonsumsi apel sehari. Tekanan darah sistolik adalah angka atas dalam pengukuran tekanan darah. 
 
Para peneliti kemudian menyimpulkan bahwa makan tiga buah kiwi setiap hari dapat memperbaiki tekanan darah dalam 24 jam lebih efektif daripada satu butir apel sehari. 
 
"Hasil penelitian ini tidaklah mengherankan. Menambahkan kiwi dalam menu makan dapat membantu menurunkan tekanan darah yang sedikit tinggi," kata Dr Suzanne Steinbaum, ahli pencegahan jantung dari Lenox Hill Hospital di New York City. 
 
Para ahli jantung memang mengingatkan bahwa tidak ada makanan ajaib atau bahan tunggal yang menjadi kunci bagi kesehatan jantung. Namun mereka semua setuju bahwa kiwi penting untuk dikonsumsi setiap hari dan direkomendasikan sebagai makanan yang baik untuk jantung sehat. 
 
Meskipun demikian, Dr Elliott M. Antman, profesor kedokteran di Harvard Medical School di Boston, mengingatkan pasien agar tidak mengandalkan buah ini untuk mengatasi tekanan darah tinggi.
 
"Apapun yang anda lakukan, jangan berhenti minum obat tekanan darah tanpa berbicara dengan dokter," katanya. 
 
"Hasil ini sangat masuk akal, tapi saya tidak akan memakan tiga butir buah kiwi sehari. Buah ini tidak mudah ditemukan atau mudah dipetik," kata Dr Nehal Mehta, ahli pencegahan penyakit jantung di Rumah Sakit University of Pennsylvania di Philadelphia.

0 comments:

Post a Comment