Saturday, January 26, 2013

Manfaat Buah Blueberry

Buah blueberry yang tumbuh dimusim panas di Amerika Utara ini tumbuh secara liar seperti semak, banyak sekali khasiat yang terkandung didalamnya sedangkan untuk di Indonesia sendiri masih jarang kita jumpai. 
Untuk khasiat Blueberry (Vaccinum corymbosum) adalah : 
  1. Memiliki kandungan potasium, Fungsinya mampu mengontrol tekanan darah bagi penderita hipertensi, Mencegah berkembangnya kerusakan vaskular ginjal, glomerulus, dan tubulus, Menurunkan risiko stroke, Menurunkan ekskresi kalsium urin dan menurunkan pembentukan batu ginjal, Menurunkan demineralisasi tulang (osteoporosis), Menurunkan risiko aritmia ventrikular pada pasien dengan iskemia jantung, gagal jantung, dan hipertrofi ventrikel kanan. 
  2. Mengadung zat besi yang dapat meningkatkan zat pembentuk darah, disini sangat baik bagi para wanita. 
  3. Dalam senyawa anthocyanin yang terkandung dalam phytonutrients Dimana anthocyanin berperan sebagai anti-oksidan (Oksidan adalah radikal bebas yang akan menempel dengan sel dan merusak membran serta materi genetis sel). Fungsinya mencagah penuanan. 
  4. Mengandung unsur kimia mangan yang merupakan zat anti peradangan. Bebas radang juga menyebabkan lancarnya aliran darah. Meningkatkan kapasitas daya ingat. Hal itu diungkapkan dokter Jeremy Spencer, dari Departemen Dinas Makanan Biosains Inggris. Ia mengatakan, para ilmuwan telah membuktikan potensi dan manfaat kesehatan dari buah segar tersebut. “Riset kami membuktikan bahwa blueberry sangat baik bagi anda dan dapat meningkat kapasitas memori,” katanya seperti dilansir BBC. 
  5. Menjaga zat nitrit oksida yang membuat dinding arteri tetap fleksible yang merupakan kondisi yang dapat mencegah terjadinya penyakit jantung. 
  6. Mengandung ciprofibrate untuk membantu menurunkan kolesterol, yang pada gilirannya dapat melindungi hati 
Masih banyak kandungannya yakni vitamin A, C, kalsium, Fosfor dan beragam mineral penting lainnya. Manfaat lain dari akar buah blueberry diolah menjadi teh dapat meredakan sakit saat kelahiran bayi dan merelaksasi sang ibu, serta daunnya juga diminum sebagai tonik penambah darah untuk memurnikan tubuh dan meredakan batuk.

0 comments:

Post a Comment