Friday, January 18, 2013

4 Rahasia Agar Tidak Mudah Sakit

Berikut adalah info tentang 4 Rahasia Agar Tidak Mudah Sakit. Musim hujan memang bisa membuat kita gampang sakit. Apalagi ketika musim pancaroba dan musim dingin. Namun kita bisa tetap sehat dan bugar dengan 4 rahasia jitu yang akan saya berikan untuk anda. Apasajakah 4 Rahasia Agar Tidak Mudah Sakit itu? Berikut adalah info selengkapnya. 

Jakarta, Musim pancaroba dan musim dingin sering membuat orang mudah jatuh sakit, minimal sakit pilek dan flu. Tapi tak semua orang gampang jatuh sakit. Beberapa diantara mereka telah menerapkan empat jurus rahasia penolak sakit, entah disadari atau tidak. 

Keempat jurus rahasia tersebut adalah: 

1. Berteman dengan udara segar 

Orangtua zaman dulu mengatakan lebih baik tinggal di dalam rumah yang hangat dan lebih bersahabat dengan sistem kekebalan tubuh daripada berada di luar yang dingin. Masalahnya adalah, tetap di dalam rumah akan menempatkan diri terkontak hal-hal yang konstan dekat dengan orang dan kuman-kumannya. 

Pergi keluar mencari udara segar tak hanya mengistirahatkan diri dari kuman yang beredar di dalam rumah, tapi juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. 

"Berolahraga di luar ruangan akan meningkatkan sel-sel pembunuh alami, yaitu neutrofil dan monosit, yang pada akhirnya meningkatkan fungsi kekebalan tubuh," kata Ather Ali, ND, MPH, asisten direktur penelitian pengobatan alternatif/pelengkap di the Yale-Griffin Prevention Research Center. 

2. Relaksasi untuk lawan pilek 

Ada banyak alasan mengapa bersantai sebaiknya masuk dalam daftar yang harus dilakukan. Salah satu yang paling penting adalah untuk menghindari stres, sebab stres meningkatkan kerentanan tubuh terkena flu. 

Dalam jangka panjang, kondisi tubuh yang stres akan melepaskan hormon stres seperti glukokortikoid. Hormon ini menghambat kemampuan tubuh memproduksi sel-sinyal molekul yang disebut sitokin yang memicu respons sistem kekebalan tubuh melawan penyakit.

"Ketika stres, orang cenderung kurang mengurus diri sendiri, kurang tidur, tidak makan dengan benar dan kurang berolahraga," ujar Ali. 

3. Pastikan tangan tetap bersih 

Pilek dan flu dapat menyebar dengan sangat mudah melalui sentuhan. Jauhkan jari dari mata, hidung dan mulut sebanyak mungkin dan pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun. 

Kuman dapat tumbuh pada sabun batangan, jadi gunakan jenis sabun cair dan pilihlah sabun antibakteri. Basahi tangan dengan sabun selama 20 detik sebelum dibilas dan pastikan hingga benar-benar kering. 

"Tangan basah jauh lebih mungkin menyebarkan bakteri daripada yang kering," kata Dr Dana Simpler, dokter perawatan primer di Mercy Medical Center di Baltimore. 

4. Tidur yang cukup 

Kurang tidur secara terus-menerus bisa menghambat kemampuan fungsi sistem kekebalan tubuh. Meskipun para ahli sering mengatakan bahwa kebutuhan tidur berbeda-beda untuk setiap individu, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Carnegie Mellon 2009 menemukan bahwa waktu tidur kurang dari 7 jam meningkatkan risiko terkena flu tiga kali lipat. Tujuh jam yang dimaksud adalah tujuh jam penuh, tanpa terbangun di tengah malam.

0 comments:

Post a Comment