Tuesday, January 22, 2013

Konsumsi Sayur dan Buah Kurangi Efek Gen Penyakit Jantung

Info kesehatan, Konsumsi Sayur dan Buah Kurangi Efek Gen Penyakit Jantung. Makan sayur dan buah memang sangat baik untuk kesehatan. Karena sayur dan buah memiliki kandungan gizi dan vitamin yang berguna untuk tubuh. Mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari bisa mengurangi efek gen penyakit jantung. Makanya bagi anda yang ingin sehat dan terhindar dari penyakit jantung, hendaknya anda makan sayur dan buah setiap hari. Berikut info selengkapnya tentang Konsumsi Sayur dan Buah Kurangi Efek Gen Penyakit Jantung. 

Jakarta, Mengonsumsi buah dan sayur diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ternyata ada manfaat lainnya yaitu bisa menghentikan efek gen yang berpengaruh dalam serangan jantung. 

Berdasarkan studi diketahui bahwa risiko penyakit dan serangan jantung akan meningkat jika seseorang memiliki gen 9p21 di dalam tubuhnya. Gen ini biasanya diturunkan dari orangtua atau turunan sebelumnya. 

Seseorang biasanya beranggapan faktor gen ini sulit untuk dimodifkasi. Tapi ternyata dengan mengonsumsi sayur dan buah seseorang bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung meskipun memiliki gen tersebut. 

"Hasil ini menjadi kejutan bahwa diet yang sehat secara signifikan bisa melemahkan pengaruh dari gen 9p21 terhadap risiko penyakit jantung," ujar Dr Jamie Engert dari McGill University di Kanada, seperti dikutip dari Mirror.co.uk, Jumat (14/10/2011). 

Hasil studi yang dilaporkan dalam jurnal PLoS Medicine ini menemukan bahwa efek dari gen berisiko tinggi bisa dikurangi dengan konsumsi diet tinggi atau lebih dari 5 porsi buah-buahan dan sayuran. 

Studi ini melibatkan 27.000 orang yang memiliki gen 9p21 dan berasal dari 5 etnis yaitu Eropa, Asia Selatan, China, Amerika Latin dan Arab untuk melihat efek konsumsi buah dan sayur terhadap gen 9p21. 

Hasil yang didapatkan adalah partisipan dengan gen 9p21 yang mengonsumsi sayur dan buah memiliki risiko serangan jantung yang sama dengan orang berisiko rendah atau dengan orang yang tidak memiliki gen tersebut. 

Meski begitu peneliti akan melakukan studi lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana interaksi yang terjadi antara gen 9p21 dengan sayur dan buah yang dikonsumsi dalam menurunkan risiko penyakit jantung.

0 comments:

Post a Comment