Thursday, January 3, 2013

Waspadai 5 Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur

Sahur merupakan salah satu aktifitas yang penting dalam berpuasa, karena pada sahur inilah orang akan mendapatkan cadangan energi untuk melakukan aktifitas puasa. Tapi ada juga orang yang berpuasa tidak begitu mementingkan sahur, Bagi Anda yang sedang berpuasa ada baiknya memperhatikan pola makan anda saat berbuka atau sahur, karena ini akan berdampak pada kenyamanan saat berpuasa dan mengurangi kekhusyukan saat menjalankan ibadah berpuasa sehingga target berpuasa sebulan penuh jadi terkendala karena kesehatan Anda yang menurun. berikut ini Uniknya merangkum 5 makanan yang dihindari saat sahur:
 
 1. Hindari minuman yang merangsang asam lambung 
 
 Asam lambung yang berlebihan akan menimbulkan Sakit maag fungsional,yang akan menggangu aktifitas anda saat menjalankan ibadah Puasa. Kami sarankan untuk menghindari minuman berikut ini seperti kopi, minuman beralkohol, sari buah sitrus (asam) seperti jeruk yang memberikan kesegaran sesaat, serta susu. 
 
2. Hindari Makanan sulit dicerna
 
 Makanan yang sulit dicerna akan berakibat perut kembung dan susah buang air besar yang berakibat merasa perut terasa penuh, mulas, kembung, diare, atau sering buang gas. ini semua akan berdampak pada anda saat menjalankan ibadah puasa. kami sarankan untuk tidak mengonsumsi makanan seperti kue tart, coklat, keju dan makanan yang tidak mudah dicerna lainnya.
 
 3. Hindari makanan yang menyerang dinding lambung
 
 Makanan yang menyerang lambung adalah makanan bersifat asam dan pedas, karena akan berdampak lambung menjadi perih saat menjalankan ibadah puasa, yang akan menggangu kenyaman Anda saat berpuasa. Hindari pula makanan yang mengandung cuka dan pedas, serta merica dan bumbu yang merangsang.
 
 4. Hindari Makanan yang menyebabkan cairan lambung naik
 
 Anda akan merasakan kembung yang berlebihan yang menimbulkan anda ingin muntah. Hindari makanan yang mengandung minyak berlebih seperti coklat dan Gorengan karena menimbulkan cairan lambung naik.
 
 5. Hindari memakan permen
 
Karena permen akan memicu keluarnya asam tinggi, selain permen yang dapat memicu cairan tinggi adalah rokok yang juga dapat merangsang asam tinggi pada lambung yang berakibat merasa mual saat berpuasa.(**) 
 
Semoga bermanfaat bagi anda yang saat ini berpuasa.

0 comments:

Post a Comment