Wednesday, January 2, 2013

Gejala Kanker Pankreas yang Terdeteksi Setelah Parah.

Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang menyerang di semua negara di bumi ini. Berbagai jenis kanker telah ditemukan dan bahkan telah mengakibatkan ketakutan yang hebat bagi masyarat di penjuru dunia. Salah satunya adalah Kanker Pankreas. Kanker pankreas awalnya memang tidak ditandai oleh gejala yang menyakitkan, sehingga dalam banyak kasus, penyakit ini terdeteksi ketika kanker telah berkembang dan menjadi sulit disembuhkan.
 Beberapa gejala umum kanker pankreas,meliputi:

1.Kulit dan mata berwarna kekuningan
 
 Gejala umum dari kanker pankreas ditunjukkan dengan perubahan warna pada kulit dan mata menjadi kekuningan atau dikenal dengan jaundice. Jaundice disebabkan karena peningkatan tingkat bilirubin dalam darah. Jaundice terjadi pada penderita kanker pankreas ketika saluran empedu dari hati terhambat oleh kanker, sehingga memperlambat atau mengganggu aliran cairan empedu.

 2. Nyeri perut
 Nyeri perut juga merupakan salah satu gejala yang paling umum dari kanker pankreas. Lebih dari 80 persen penderita kanker pankreas mengalami sakit perut akibat penyakit kanker di pankreas tersebut. Rasa sakit biasanya terletak di perut bagian atas. Sakit perut bisa datang dan pergi dan biasanya cenderung menjadi lebih parah ketika penderita berbaring 3 sampai 4 jam setelah makan.

 3.Kehilangan berat bada

 Jika Anda kehilangan sejumlah besar berat badan secara tiba-tiba, mungkin ada sesuatu yang salah. Turunnya berat badan secara drastis adalah pertanda umum dari semua penyakit kanker dan gejala seringkali muncul pertama kali.

 4. Kehilangan nafsu makan

 Ini adalah gejala non-spesifik dari kanker pankreas, yang dapat disebabkan oleh suatu hal seperti virus diare. Jika berlangsung lebih dari beberapa hari, konsultasikan dengan dokter untuk diagnosis lebih lanjut dan pengobatan.

 5. Mual dan muntah

 Mual dan muntah juga merupakan gejala non-spesifik lainnya yang juga dipengaruhi oleh kondisi penyakit jinak lainnya. Gejala non-spesifik ini dapat mengakibatkan diagnosis kanker pankreas sering tertunda karena kebanyakan orang hanya menganggap sedang menderita sakit biasa.

 6. Kembung

Kanker pankreas dapat menyebabkan kembung atau sensasi kenyang meski belum makan atau bahkan dalam beberapa kasus pembengkakan yang tidak nyaman di perut.

 7. Tinja berwarna pucat

 Jika kanker tumbuh dan menghalangi empedu, saluran dari hati ke usus akan mengering dan menyebabkan warna tinja menjadi pucat dan tidak berwarna kecoklatan seperti pada kondisi normal. Di samping itu, warna urin dapat berubah menjadi lebih gelap.

 8. Peningkatan gula darah

 Beberapa penderita kanker pankreas mungkin mengalami kenaikan kadar gula darah karena kanker dapat mempengaruhi kemampuan pankreas untuk memproduksi insulin dan meningkatkan risiko diabetes

0 comments:

Post a Comment