Monday, May 6, 2013

Tips Menghindari Duduk Terlalu Lama

Kita tahu bahwa gaya hidup pasif itu tak sehat. Berbagai penelitian juga menunjukkan dengan gamblang risiko kurang bergerak dengan penyakit kronis. Namun bagi sebagian orang, bukan perkara mudah menghindari duduk terlalu lama, terlebih jika memiliki pekerjaan yang menghabiskan banyak waktu untuk duduk.

Sebenarnya, ada beberapa celah bagi Anda yang kurang bergerak untuk bisa duduk lebih sedikit.
  
Anda bisa mulai mengurangi waktu duduk Anda dengan 6 kiat berikut ini.

1. Bergeraklah saat menelepon
Menelepon tak harus dilakukan sambil duduk. Kegiatan ini justru dapat dimanfaatkan untuk menggerak-gerakan tubuh Anda. Cobalah untuk mulai berdiri saat menelepon dan aktif bergerak.

2. Berjalanlah sehabis makan
Sebisa mungkin hindari makan siang di meja kerja. Tak ada salahnya berjalan sebentar ke kantin. Kegiatan ini bisa membantu mengurangi kadar lemak di aliran darah yang jumlahnya paling tinggi sehabis makan. Berjalan sehabis makan juga meningkatkan aktivitas lipase lipoprotein yang mempercepat metabolisme.

3. Pilihlah kursi bar di restoran
Kursi bar akan lebih membuat tubuh Anda lebih tegap. Cobalah duduk hanya di sepertiga depan kursi dan bukalah kaki lebih lebar dari jarak pinggul. Posisi ini disebut posisi "bertengger", dan dapat mendistribusikan berat badan Anda lebih merata.

4. Tak perlu bawa kursi
Punya kebiasaan bawa kursi lipat untuk duduk di kereta, konser, taman, dan tempat-tempat lainnya? Mulai sekarang mulailah tinggalkan kebiasaan satu ini. Sebaliknya, cobalah untuk lebih banyak berdiri dan bergerak.

5. Pilihlah berjalan
Alih-alih mengirim email atau menelepon rekan kerja, berjalanlah ke mejanya. Berdirilah di sekitar meja rekan kantor Anda untuk berdiskusi atau hanya sekedar mengobrol.

6. Lakukan senam kecil
Manfaatkan kursi tempat Anda duduk untuk membantu gerakan-gerakan senam. Cobalah untuk menaruh telapak tangan Anda di dudukan kursi dengan kaki Anda menapak lantai, kemudian lakukan gerakan push up. Anda pun bisa mencoba variasi gerakan lain.

Sumber : Kompas

0 comments:

Post a Comment