Saturday, May 25, 2013

6 Manfaat Jika Wanita Memberikan ASI

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa manfaat ASI untuk bayi tidak perlu diragukan lagi. Sebagai makanan awal paling alami, ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Selain untuk bayi, memberikan ASI memiliki banyak manfaat untuk ibu. Tidak hanya menurunkan risiko kanker payudara, menyusui punya banyak manfaat untuk para ibu.

Dilansir Mag for Women, inilah manfaat jika wanita memberikan ASI:

1. Menurunkan Berat Badan

Setelah melahirkan, berat badan wanita naik. Tidak perlu repot memikirkan cara menurunkan berat badan, jika Anda menyusui maka berat badan akan menurunkan berat badan wanita.

2. Ikatan Emosi Lebih Baik

Saat disusui, bayi akan kembali merasakan detak jantung ibunya, detak jantung yang dia dengar selama 9 bulan dan mendapat kehangatan dari dekapan ibu. Hal inilah yang membuat ikatan emosi ibu dan bayi menjadi lebih baik.

3. Mengurangi Risiko Kanker
Telah banyak penelitian memperlihatkan bahwa menyusui dapat menurunkan risiko kanker payudara, kanker rahim, dan kanker seviks pada wanita. Selain itu, risiko terkena diabetes tipe 2 dan osteoporosis lebih kecil.

4. Lebih Bahagia

Saat menyusui, tubuh wanita akan mengeluarkan hormon endorfin. Hormon tersebut membuat tubuh lebih santai dan merasa bahagia.

5. Hemat Waktu


Menyusui lebih hemat waktu dan praktis. Tidak perlu merebus air, menakar susu atau mencuci botol susu. Dengan demikian, Anda bisa melakukan aktivitas lain lebih banyak.

6. Lebih Praktis


Dengan menyusui, Anda sudah tidak perlu lagi membawa beberapa botol susu, susu formula dan termos air hangat. Bepergian jadi lebih praktis dan menyenangkan.

Dengan semua manfaat itu, jangan ragu memberikan ASI untuk buah hati tercinta. Bayi mendapat banyak manfaat, Anda juga :)

Sumber : Vemale

0 comments:

Post a Comment