Thursday, May 23, 2013

8 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Mual saat hamil biasanya dirasakan parah-parahnya di pagi hari. Dan momen ini adalah momen yang paling menjengkelkan, terutama apabila si ibu masih ingin beraktivitas ini itu.

Ada kalanya bahkan mual ini menyebabkan ibu merasa lemas dan kurang enak badan, akhirnya memilih untuk bed rest dan melupakan sejenak kewajiban lain yang harus dijalankan. Untuk mengatasi rasa mual saat hamil, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh bumil.

1. Berolahraga

Percaya atau tidak, olahraga dapat membantu meringankan gejala mual dan bahkan mengobati morning sickness. Gerakannya tak perlu yang berat-berat, cukup gerakan ringan seperti berjalan kaki mengelilingi kompleks saja Anda sudah membantu membakar kalori. Dan apabila dokter memperbolehkan fisik Anda melakukan olahraga yang lebih berat lagi, Anda bisa mencoba bersepeda atau berenang.

Yang pasti, utamakan terlebih dahulu keselamatan Anda dan si bayi.

2. Akupuntur

Akupuntur atau tusuk jarum adalah metode yang dapat membantu meringankan gejala mual. Biasanya pengobatan alternatif ini bisa dilakukan di beberapa klinik alternatif yang dipercaya.

3. Permen asam

Konsumsi permen yang rasanya agak asam untuk membantu mengatasi dan meringankan mual di bulan-bulan pertama. Efeknya instant dan tidak memberikan efek negatif yang terlalu berbahaya. Hanya memang Anda juga tidak boleh mengonsumsi terlalu banyak agar asam lambung tidak meningkat tinggi.

4. Buah yang didinginkan

Simpan buah yang telah dipotong dan disimpan di box di dalam lemari pendingin. Apabila Anda merasa mual, maka suapkan beberapa potong buah tersebut. Rasa dinginnya akan membantu mengalihkan rasa mual, serta kandungan nutrisi dan asamnya membantu meringankan rasa mual tersebut.

5. Mengonsumsi jahe
Jahe adalah obat tradisional untuk mengatasi mual, Anda bisa mengunyahnya atau sekedar mencampurkan dalam teh hangat. Rasa hangatnya akan segera menyebar ke seluruh tubuh dan mual kemudian berkurang sedikit demi sedikit. Pun demikian, jahe tidak boleh dikonsumsi karena terasa panas.

6. Mengunyah permen peppermint


Anda juga boleh mengatasi rasa mual dengan mengunyah permen mint. Seperti halnya jahe, mint memberikan rasa dingin dan segar sehingga meringankan mual. Selain itu, aroma mint juga menyegarkan.

7. Tidur cukup

Pastikan Anda memiliki tidur cukup sehingga keesokan paginya bangun lebih fresh. Tidur sangat berhubungan erat dengan kesehatan tubuh, sehingga menjaga kualitas tidur sangat penting agar tubuh tetap segar.

8. Berada di ruangan dingin

Tetap berada di ruangan dingin akan menjaga suhu tubuh tetap imbang. Ibu hamil mudah merasa kepanasan, dan saat merasa panas rasa mual ini akan semakin meningkat. Untuk itu, buat agar ruangan atau kamar Anda tetap dingin dengan air conditioning atau kipas angin.

0 comments:

Post a Comment