Saturday, February 16, 2013

Berikut 8 Manfaat dan Khasiat Buah Delima Bagi Kesehatan

Tanaman yang berasal dari Iran ini memiliki banyak khasiat dan mampu mencegah berbagai jenis pernyakit. Meskipun berasal dari Iran, delima telah lama dikembangbiakkan di daerah Mediterania. Buah yang memilki nama latin punica granatum ini mampu tumbuh hingga 5-8 meter. Buah delima biasa tumbuh di daerah tropik dengan tanah yang gembur dan tidak terlalu berair.  Biasanya tanaman ini dibudidayakan di kebun dengan cara cangkok dan juga stek.

Berikut ini manfaat buah delima jika di konsumsi secara rutin.

1. Menurunkan kolesterol jahat

Buah delima dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL) yang harus dihindari. Buah delima juga dapat menungkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam tubuh.

2. Menurunkan tekanan darah

Buah delima sangat baik dikonsumsi untuk menjaga jantung anda tetap sehat. Buah delima dapat menurunkan tingkat tekanan darah dan memberi kesehatan terhadap jantung anda.

3. Menjaga gigi tetap sehat
Anda suka jus delima? Jangan khawatir, jus delima tidak membentuk plak gigi. Buah delima justru dapat menjaga gigi anda tetap sehat.

4. Melawan kanker

Asupan buah delima juga dapat membantu memerangi berbagai jenis kanker termasuk kanker payudara, paru-paru dan kanker prostat. Buah delima juga mengurangi resiko terkena kanker.

5. Baik untuk kulit

Selain mengurangi peradangan, jus delima juga membuat kulit segar dan bebas dari penyakit.

6. Melindungi otak bayi

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Pediatric Research menemukan bahwa meminum jus buah delima selama kehamilan membantu melindungi otak bayi yang baru lahir setelah kelahiran traumatik.

7. Menyembuhkan diare


Tidak hanya buahnya saja, kulit pohon delima juga memiliki khasiat kesehatan. Berbagai pengobatan di dunia meyakini buah delima adalah yang terbaik untuk memerangi diare atau infeksi usus.

8. Melindungi jantung

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciencesmenemukan bahwa jus delima memerangi pengerasan arteri dan penyakit terkait seperti serangan jantung dan stroke. Buah delima mencegah penumpukan plak di arteri dan dapat meluruhkan penumpukan plak sebelumnya.

0 comments:

Post a Comment