Monday, February 25, 2013

Bayi lahir caesar lebih rentan kena alergi

Bayi yang tidak secara normal justru sangat rentan terhadap penyakit, sehingga sangat berpengaruh pada kesehatannya. Telah dilakukan sebuah penelitian yang menunjukkan kalau bayi yang dilahirkan secara caesar jauh lebih rentan lima kali lipat terkena alergi dibandingkan bayi normal.

Bayi yang dilahirkan secara caesar akan lebih berisiko mengalami alergi terhadap debu, bulu hewan peliharaan, atau kutu dalam debu. Peneliti percaya bahwa bayi yang tidak melewati jalan peranakan dari ibunya akan menjadi lebih rapuh karena tidak tersentuh oleh bakteri yang dibawa oleh ibunya.

Hal ini kemudian dikaitkan peneliti dengan gaya hidup yang terlalu bersih pada anak-anak yang juga bisa memicu risiko alergi ketika mereka beranjak dewasa.

"Anak-anak membutuhkan paparan terhadap mikro-organisme sejak kecil untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh mereka. Interaksi terhadap bakteri dan mikroorganisme akan mengembangkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi mereka dari alergi," ungkap ketua peneliti Dr Christine Cole Johnson dari Henry Ford Hospital di Detroit, seperti dilansir oleh Daily Mail (24/02).

Tim peneliti mengamati 1.258 bayi yang baru lahir ketika mereka berusia satu bulan, enam bulan, dan dua tahun. Dalam penelitian selama dua tahun ini, bayi yang dilahirkan secara caesar memiliki kemungkinan lebih besar memiliki alergi dibanding bayi yang dilahirkan normal.

0 comments:

Post a Comment