Monday, September 9, 2013

Buah Berri Dapat Turunkan Resiko Sakit Jantung dan Saluran Kemih

Buah Berri Dapat Turunkan Resiko Sakit Jantung dan Saluran Kemih - Manfaat Buah berri ini ternayata bisa menurukan resiko sakit jantung dan saluran kemih. Wah mau tau bagaimana caranya.. mari simak penjelasan dibawah ini. Buah yang mungil satu ini terdiri dari beberapa jenis seperti blueberry, cranberry dan stroberi ini memiliki manfaat yang sangat banyak ternyata bagi kesehatan, kira-kira apa saja yaa?
Kami mengutip disebuah media detik health, yang mana Menurut dokter pemerhati gaya hidup, dr Grace Judio-Kahl, MSc, MH, CHt, buah berri bisa dikatakan unik karena saat dimakan, buah tersebut akan menimbulkan noda. Ini terjadi karena buah berri mengandung pewarna alami yang memiliki beragam manfaat.

"Di Indonesia kan jarang ya buah yang isinya itu berwarna dan waktu dimakan bisa menghasilkan noda. Misalnya saja apel malang atau salak," tutur dr Grace dalam acara ‘Intimate Media Gathering Buavita Royale Mix Berries’ di Mama Goose Restaurant, Common House, Jl. Panglima Polim IX, Jakarta Selatan, seperti ditulis pada Minggu (8/9/2013).

Buah Berri Dapat Turunkan Resiko Sakit Jantung dan Saluran Kemih

Menurut dr Grace, kandungan buah berri yang tak ada di buah-buahan tropis antara lain Anthocyanin, yaitu pewarna alami yang bersifat melindungi oksidasi. "Bahkan salah satu buah berri yakni cranberry baik untuk saluran kemih misalnya batu ginjal atau sakit saat buang air kecil. Menurut beberapa penelitian, setelah minum jus ini, si pasien tidak merasakan sakit lagi," katanya.

Manfaat kesehatan yang terkandung dalam varian buah berri :

  1. Blueberry :

    Buah berry berwarna biru keunguan ini memiliki daging buah berwarna putih. Blueberri mengandung anthocyanin, mangan, vitamin B6, vitamin K, dan serat yang bermanfaat bagi kesehatan. Satu cangkir blueberry (143 gram) mengandung 3,6 gram serat.

    Buah ini berasal dari Amerika Utara dan bisa tumbuh di daerah sub tropis. Studi di University of Michigan Cardiovaskular Centre menemukan bahwa blueberri bisa menurunkan risiko penyakit jantung.
  2. Cranberry
    Buah berwarna merah dengan bentuk bulat dan kecil ini mengandung anthocyanin, phenolic acid, dan flavanoid yang bisa menangkal radikal bebas yang pastinya berbahaya bagi tubuh.

    Satu cangkir cranberry (100 gram) mengandung 4,6 gram serat, Itu berarti satu cangir cranberry hampir memenuhi 20 persen angka kecukupan serat harian. Buah ini juga baik untuk saluran pencernaan dan kesehatan saluran kemih.
  3. Stroberi

    Buah berwarna merah ini biasa ditemui di berbagai negara, termasuk Indonesia. Stroberi mengandung anthocyanin, phenolic acid, vitamin C, mangan, dan serat.

    Selain itu, dengan kadar vitamin C-nya yang tinggi, stroberi bisa membantu pembentukan dan pemeliharaan jaringan kolagen. Kandungan serat dalam satu cangkir (144 gram) stroberi yang berjumlah tiga gram sudah berkontribusi sebanyak 10 persen terhadap asupan serat harian.
  4. Blackberry

    Selain rasanya yang manis, blackberry mengandung anthocyanin, ellagic acid, vitamin E dan K, magnesium, mangan, kalsium, dan vitamin C. Satu cangkir blackberry (144 gram) sudah memenuhi 1/3 kebutuhan serat harian. Buah berwarna ungu tua ini biasa tumbuh di wilayah sub tropis seperti Amerika Utara dan Eropa.

0 comments:

Post a Comment