Thursday, January 23, 2014

Manfaat dari Buah Nanas untuk Kesehatan

Manfaat dari Buah Nanas untuk Kesehatan - Nanas yang merupakan dari sebutan orang Tupi untuk buah ini, anana yang mana bermakna "Buah yang sangat Baik". Buah ini sering dihisap oleh burung penghisap madu. Buah yang dalam bahas inggris na ini pineapple, sebagai mana buah yang sering dijual dipasaran. Kalau saya sering mengkonsumsi buah ini di buat manisan, atau juga sering dijumpai pada sebuah petisan. karena pas dan sangat nikmat sekali.


Nanas yang dibudidayakan orang sudah kehilangan kemampuan memperbanyak secara seksual, namun ia mengembangkan tanaman muda (bagian 'mahkota' buah) yang merupakan sarana perbanyakan secara vegetatif. Di Indonesia, propinsi Lampung merupakan daerah penanaman nanas utama, dengan beberapa pabrik pengolahan nanas juga terdapat di sana. Buah yang bisa dikategorikan sejenis dengan tumbuhan tropis yang mana asal dari buah nanas ini berasal dari Brasil, Bolivia dan Paraguay.

Didalam buah nanas sangat banyak sekali kandungan yang ada didalam buahnya. yang mana mengandung Vitamin A dan C sebagai antioksidan. Juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukros dan enzim brimelain. Bromelain juga berkhasiat sebagai antiradang, yang mana dapat membantu melunakan makanan di lambung, serta menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan seratnya dapat mempermudah buang air besar pada penderita sembelit.

Beberapa khasiat buah nanas yang telah masak:

  1. Bersifat dingin, Buah nanas dapat digunakan untuk mengatasi masalah peradangan kulit. Caranya, ambil setengah bagian buah nanas yang sudah masak. Kupas kulitnya lalu parut. Pakai hasil parutan nanas untuk menggosok bagian kulit yang mengelupas dan bersisik. Lakukan kegiatan ini pada malam hari sebelum tidur. Esok harinya, baru dicuci
  2. Dapat mengurangi keluarnya asam lambung yang berlebihan,
  3. Membantu pencernaan makanan di lambung, Nanas mengandung enzim bromelain yang dapat berguna untuk membantu melunakkan makanan di dalam lambung. Enzim ini juga berfungsi sebagai antiradang dan penghambat pertumbuhan sel kanker.
  4. Antiradang,
  5. Peluruh kencing (diuretik),
  6. Membersihkan jaringan kulit yang mati,
  7. Mengganggu pertumbuhan sel kanker,
  8. Menghambat penggumpalan trombosit.

Manfaat dari Buah Nanas untuk Kesehatan

    0 comments:

    Post a Comment