Monday, October 14, 2013

Waspadai Penyakit Akibat Kondisi Psikis

Waspadai Penyakit Akibat Kondisi Psikis - Pernah mendengar slogan "Men sana in corpore sano" ? itu ternyata bukan hanya slogan semata karena memang sejatinya kesehatan bukan hanya jiwa dan fisik dibagaikan dua sisi mata uang yang terpisahkan, kesehatan fisik sangat berpengaruh penting pada kesehatan jiwa begitu pula sebaliknya. Namun apakah kondisi ini terjadi pula pada keadaan tubuh ketika sakit, apakah sakit fisik yang dialami seseorang semat-mata hanya dipengaruhi kesehatann fisik atau justru kondisi jiwa memberikan faktor kontribusi yang sangat berpengaruh?

Didalam ilmu kedokteran ada sebuah istilah,yakni penyakit yang diakibatkan oleh gangguna jiwa disebut psikosomatik. yang secara umum menurut ahli kesehatan menyebutkan bahwa penyakit pernapasan, pencernaan, serta jantung merupakan jenis penyakit yang banyak dipengaruhi oleh gangguan jiwa. Namun sejatinya belum ada ciri-ciri spesifik dari psikosomatik yang mengerucut pada suatu jenis penyakit tertentu.

Psikosomatik merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh gangguan kesehatan namun masih dalam kategori medis. Biasanya, psikosomatik diakibatkan dari rasa cemas dan depresi yang berlebihan.

Nah tindak lanjut untuk langkah awal untuk mendiagnosis suatu penyakit merupakan gejala psikosomatik atau bukan dapat dilakkan dengan konsultasi kepada ahli penyakit yang bersangkutan, untuk contoh apabila mengalami masalah pencernaan, makan bergegaslah memriksa kepada dokter yang ahli dibidang itu yakni ahli pencernaan, agar nantinya tidak salah dalam mendiagnosanya. Dan apabila tidak ditemukan permasalahan fisik maka bisa dipastikan bahwa penyakit yang dialami merupakan prikosomatik, setelah itu barulah peran psikiater sangat dibutuhkan untuk proses penyembuhan.

Waspadai Penyakit Akibat Kondisi Psikis

0 comments:

Post a Comment